Sabtu, 18 Mei 2013

Tidak ada Aturan ''BAKU'' di dalam Blog



Tidak Ada Aturan Baku Dalam Menulis Blog
Hadir Kembali Bersama Admin yang Kece (Febriy-Pondlif)Yupz, masih sekitar permasalahan dalam tulis-menulis, pernahkah terpikirkan oleh anda adanya aturan dalam menulis khususnya menulis untuk blog anda? Saya rasa pasti pernah  Apalagi yang termasuk dalam kategori newbie dalam kegiatan blogging. Gimana yah aturan nulis yang bagus biar tulisannya dibaca banyak orang? Berikut saya kutip beberapa aturan dalam menulis dari Erica Jong, seorang novelis Amerika yang cukup terkenal dan berprestasi di negaranya.
  1. Punya Keyakinan – Bukan Sinisme
  2. Berani Bermimpi
  3. Lepaskan Pikiranmu
  4. Menulis Untuk Kesenangan
  5. Cari Pembaca Membalik Halaman
  6. Lupakan Politik
  7. Lupakan Intelektualitas
  8. Lupakan Ego
  9. Jadi Seorang Pemula
  10. Terima Perubahan
  11. Jangan Mengira Pikiranmu Butuh Perubahan
  12. Jangan Harapkan Kepuasan dari Pernyataan Puas (orangtua, politisi, sekolah, teman, dll)
  13. Gunakan segalanya
  14. Ingat bahwa menulis itu adalah sikap kepahlawanan
  15. Lupakan kritik
  16. Ungkapkan kebenaran
  17. Tetap Membumi
  18. Menulis untuk anak-anak
  19. Ingat untuk tetap liar
  20. Tidak ada aturan
Yupz memang menarik sekali bahwa pada ujungnya sang novelis menyebutkan bahwa tidak ada aturan dalam menulis. Seakan-akan 19 aturan yang di atasnya menjadi tidak berguna sama sekali  Artinya anda tidak perlu takut dalam menulis karena menulis itu termasuk kegiatan yang menyenangkan (poin 4) dan melatih anda menjadi seorang yang natural (poin 6,7,8,9). Tulis saja dahulu apa yang ada di benak anda dan jangan perkirakan apa yang terjadi selanjutnya. Setelahnya barulah anda baca kembali apakah tulisan anda sudah menarik untuk dibaca oleh orang lain.
Jika anda sudah yakin bahwa anda memahai aturan tersebut silakan anda gunakan skill writing anda. Jangan ragu dengan kemampuan yang anda miliki. Karena saya juga yakin setiap orang pasti memiliki kemampuan dan kelebihannya masing-masing.
Kemudian, Pak Budi Rahardjo juga pernah membahas tentang aturan dalam menulis blog. Menurut hasil observasinya, beliau menyebutkan bahwa aturan menulis yang bisa mendapatkan atensi yang besar adalah:
  • Tulisan yang pendek
  • Tulisan yang nyeleneh
  • Tulisan yang ringan

Maksud dan tujuannya agar si pembaca dapat mencerna pesan dari tulisan tersebut meskipun tidak dengan tulisan yang panjang dan pembahasan yang dalam. But sometimes, tidak ada salahnya juga anda membuat tulisan dengan aturan yang sebaliknya. Namanya juga tidak ada aturan yang baku dalam menulis blog 
Terakir yang perlu diingat adalah etika dalam menulis. Hal ini sangat penting agar jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak dinginkan seperti kegiatan para COPASTer yang mempunyai dua sisi bagi pembuat tulisannya dan juga termasuk dalam hal pencemaran nama baik dan semacamnya 
(seperti kasus Ibu Prita )
So, let’s start your writing with your style.
Happy Blogging! 

0 komentar:

Posting Komentar